Tips Bagus Dalam Memilih Template Blog

Tips Dalam Memilih Template Blog
Kali ini sedikit membahas tentang Template Blogspot. Saya tidak menyinggung cara membuat template blog keren namun lebih ke penilaian sebuah template itu keren di mata saya. Template blog keren dan unik merupakan ciri blog yang baik menurut saya. Sebuah template blog keren belum tentu harus di penuhi pernak pernik namun bisa juga template blog simple.

Banyak tempat download template blog keren gratis dan pastinya anda semua yang sudah sering mencari cari template blog keren xml tersebut sudah tidak asing lagi dan disini saya tidak akan membahasnya. Coba cari saja di google banyak kok tempat template blog keren download gratis anda tinggal milih saja.

Template blog keren dan gratis biasanya sangat cepat di serbu pencari template, namun biasanya juga hanya di lihat dari segi tampilan bukan dari segi teknis. Yuk kita sedikit mengupas template yang bagaimana yang menurut blogger sragen keren. Apakan template blogzine atau non blogzine :D. Kalau saya pribadi sama saja, wong saya memandang dari segi teknis bukan keindahan. Kalau keindahan pasti lebih enak mandangin cewek daripada mandangin template.

Kriteria template blog keren untuk blogspot menurut blogger sragen harus memenuhi syarat berikut.

Valid Markup - Markup Validation Service
Tidak di pungkiri, sebuah template yang keren dan bagus, dengan valid markup hukumnya sunnah muakkad bagi saya. Tidak wajib namun harus di usahakan seminimal mungkin error yang di timbulkan. Menurut saya valid markup akan lebih memudahkan pembacaan sebuah browser. Tidak membebani memori dan enak dalam penentuan sebuah section. Nah jika anda merasa template yang ada sangat keren silahkan cek saja.

Style Markup - CSS Validation Service
Sesudah pengetesan validnya markup yang selannjutnya sekalian validasi style. Walau menurut saya ini memang tidak begitu penting namun akan lebih keren jika CSS yang di pakai valid. Kevalidan CSS ini akan mempengaruhi tampilan di browser menurut saya. Semakin valid maka semakin berkurang pula error dalam penampilan. Contoh kasus seperti, ketika saya membuka dengan opera maka akan tampil warna merah namun ketika memakai chrome tampil memakai warna biru. Dan dengan validasi maka akan meminimalisir kesalahan tersebut.

Struktur Konten
Saya jeles sekali menganggap keren template dengan struktur.

Header > Main Content > Sidebar > Footer

Memang banyak sekali struktur ini di pakai untuk 2 kolom, namun jarang sekali saya temukan struktur ini pada 3 kolom atau lebih. Kebanyakan untuk 3 kolom selalu memakai

Header > Side Bar Kiri > Main Content > Sidebar Kanan > Footer

Nah sebenarnya bisa saja kan di geser posisinya menjadi

Header > Main Content > Side Bar Kiri > Sidebar Kanan > Footer

Ini yang kurang di perhatikan para pemilik blog. Menurut saya hal ini penting dari sisi pengunjung dan robot SE. Bisa di fikirkan sendiri jikalau posisi sidebar di atas main content dan sidebar di penuhi widget widget berat.

Cara ini bisa dilihat dengan mematikan style. Contoh di browser Opera yaitu dengan memilih user mode style. yaitu dari

Menu Opera > Page > Style > User Mode

Nah jika sudah dalam mode text maka akan kelihatan struktur sebenarnya template anda. Kalau mau lebih enak lagi membukanya dengan Lynx. Setahuku itu adalah salah satu browser text mode

Rich Snippet
Kalau yang ini untuk sekarang hukumnya Sunnah Muakad juga bagi saya. Banyak memang template yang beredar namun tidak pernah saya menemui yang support Rich Snippet selain blog. Namun kadang ada juga blogger yang salah kaprah menerapkan rich snippet ini hanya untuk mengejar tampilah di Search Engine. Contoh saja kemarin, saya banyak melihat rich snippet recip di gunakan untuk produk komputer malah ada juga yang di gunakan untuk event olahraga. Nah akan semakin keren jika sebuah template general bisa memiliki dinamis rich snippet. dan ada juga Rich Snippet Comment.

Performance Report
Sebenarnya pembahasan yang diatas lebih ke performa. Dan sebenarnya juga untuk mengetes semuanya banyak tersedia secara online. Nah untuk pengetesan kali ini karena kita fokus ke templatenya maka ada beberapa parameter yang harus kita buang. Jadi jangan terpaku pada nilai umum yang di berikan. Namun lebih ke spesifikasi yang berhubungan dengan template. Jadi error dari hosting, artikel dan pendukungnya di abaikan. Kita fokus pada yang berhubungan dengan CSS dan javascript yang Priority tinggi. itupun juga harus yang ada pada template bukan akibat dari situs lain seperti facebook, youtube dll. Semakin tinggi nilai semakin bagus.Tes saja pada web berikut.

Nah itu beberapa kriteria penilaian saya untuk menyebut sebuah template blog keren. Dan sebenarnya masih ada lagi para meter lain terutama lebih ke teknis modifikasi template blogger sehingga bisa menciptakan template yang diluar perkiraan orang orang. Itulah tantangan sebenarnya dalam blogger blogspot. Klo CMS gratis lain saya kira biasa saja, maksudnya wong sudah gratis, boleh di modifikasi semaunya sama saja milik sendiri. Kalau memang bagus itu biasa lha punya kontrol penuh namun kalau biasa itu kebangetan. Ngerti kan maksudnya? Kalau tidak kebangetan banget sangat sangat kebangetan dan begitu sangat kebangetan.

Sumber : D-Copy

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Tips Bagus Dalam Memilih Template Blog"

  1. Thanks gan, dicoba dulu :)

    ReplyDelete
  2. salam, siip boss artikelnya, saya juga lagi nyari tools buat Test & Run (Debug) blog saya, terima kasih anda sudah menunjukan situs nya, yang say cari-cari akhirnya ketemu. artikel bermanfaat, thks boss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke, terimakasih juga, karna sudah sering mampir kemari.. :)

      Delete
  3. http://cindyjkt48fans.blogspot.com/

    mampirr s0b ke blog ku

    ReplyDelete

Catatan :
- Dilarang Menggunakan Link Aktif / Live Link
- Dilarang Promosi Iklan
- Dilarang Nyepam
- Untuk Menyisipkan Kode, Gunakan tag <i rel='code'> Taruh Kode Disini </i>
- Untuk Menyisipkan Kode Panjang, Gunakan tag <i rel='pre'> Taruh kode panjang disini </i>
- Untuk Menyisipkan Catatan, Gunakan <b rel='quote> Taruh Catatan disini </b>
- Untuk Menyisipkan Gambar, Gunakan <i rel="'image> URL Gambar </i>
- Untuk Menyisipkan Youtube, Gunakan <i rel='youtube'> URL Youtube </i>

Sebelum menyisipkan kode silahkan gunakan Tools Konversi Kode.
Caranya tinggal klik tombol "Konversi Kode" yang berada di Form Komentar.