Bima Sakti Utama - Tujuan Pemadatan Tanah

Untuk membangun sebuah landasan bandar udara, jalan raya, ataupun bendungan diperlukan adanya kegiatan pemadatan bulir-bulir tanah terlebih dahulu. Sebagaimana yang kita tahu bahwa pekerjaan pemadatan tanah ini bukanlah pekerjaan ayang gampang, diperlukan kolaborasi yang solid antara tenaga kerja handal dengan pemberdayaan alat berat berkualitas. Bahkan tak jarang, untuk menjalankan suatu proyek, juga diperlukan pemanfaatan mesin energy industry seperti genset. Pada intinya bermacam mesin dan alat berat saling berkolaborasi untuk menciptakan pemadatan tanah dengan hasil terbaik. Lalu apa sebenarnya tujuan dari kagiatan pemadatan tanah?
Dalam salah satu laman di internet dipaparkan bahwa kegiatan pemadatan tanah dilakukan dengan tujuan untuk:
§  Mengurangi sifat kembang susut pada tanah (lempung);
§  Mengurangi perubahan volume yang disebabkan perubahan kadar air dalam tanah;
§  Mengurangi permeabilitas, dalam hal ini mengurangi nilai k;
§  Mengurangi kompresibilitas, yakni mengurangi adanya penurunan beban;
§  Memperkuat tanah dengan cara menaikkan nilai θ dan C, sehingga dapat dilakukan perbaikan pada bagian kuat geser tanah.

Tujuan-tujuan kegiatan pemadatan tanah di atas dapat tercapai apabila: pemilihan bahan timbunan, pemilihan mesin pemadat, cara pemadatan, dan jumlah lintasan, semuanya sesuai satu sama lain. Perihal kesesuaian ini penting sekali diterapkan karena jika salah satu saja tidak sesaui dapat berpengaruh terhadap kualitas hasil proses pemadatan. Misalnya saja untuk penggunaan alat berat pemadat. Alat berat pemadat yang tidak sesuai dengan kondisi dna jenis lahan yang dipadatkan justru dapat memperpanajng masa kerja, hal ini jelas berpengaruh terhadap target proyek yang telah ditetapkan jauh-jauh hari. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda, para pelaku proyek-proyek pemadat tanah memahami dengan baik seluk beluk pemadatan tanah beserta piranti-piranti pemadatnya.
Salah satu perusahaan distributor dan agen alat berat terkemuka yang juga menyediakan alat berat pemadat adalah PT. Bima Sakti Utama. PT. Bima Sakti Utama menghadirkan alat berat pemadat dengan brand Yutong Impact Compactor tipe 6830.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Bima Sakti Utama - Tujuan Pemadatan Tanah"

Catatan :
- Dilarang Menggunakan Link Aktif / Live Link
- Dilarang Promosi Iklan
- Dilarang Nyepam
- Untuk Menyisipkan Kode, Gunakan tag <i rel='code'> Taruh Kode Disini </i>
- Untuk Menyisipkan Kode Panjang, Gunakan tag <i rel='pre'> Taruh kode panjang disini </i>
- Untuk Menyisipkan Catatan, Gunakan <b rel='quote> Taruh Catatan disini </b>
- Untuk Menyisipkan Gambar, Gunakan <i rel="'image> URL Gambar </i>
- Untuk Menyisipkan Youtube, Gunakan <i rel='youtube'> URL Youtube </i>

Sebelum menyisipkan kode silahkan gunakan Tools Konversi Kode.
Caranya tinggal klik tombol "Konversi Kode" yang berada di Form Komentar.