Sunday, 2 June 2013

Alasan Kenapa Hari Minggu Disebut Hari Libur

SUNDAY
Hari apa yang paling dinanti-nanti? Pasti kebanyakan orang akan menjawab: Minggu. Gimana nggak? Di hari itu kamu nggak perlu pergi sekolah atau ke kantor. Jadi kamu bisa pergi berlibur dengan orang-orang terkasih atau malah hanya bermalas-malasan di rumah.

Tapi tahukah kamu kalau nggak semua negara memberlakukan hari Minggu sebagai hari libur. Kayak di Arab misalnya. Jumat dijadikan sebagai hari libur lantaran hari Jumat dianggap sebagai hari yang suci. Sedangkan orang Yahudi, mereka menetapkan hari Sabtu sebagai hari libur mereka.

Di Indonesia dan banyak negara di dunia yang menggunakan kalender masehi memberlakukan hari Minggu sebagai hari libur. Hmm, tapi kenapa Minggu ya yang dijadikan sebagai hari libur? Kenapa nggak hari yang lain?

Sejarahnya begini, tradisi libur pada hari Minggu itu sebenarnya berasal dari Romawi Kuno. Di zaman itu, orang Romawi Kuno menetapkan hari Minggu sebagai hari untuk beribadah. Jadi, di hari itu mereka tidak melakukan aktivitas atau pekerjaan apa pun selain untuk beribadah. Nggak itu aja, saking nggak maunya melewatkan waktu beribadah akhirnya mereka selalu menandai hari libur alias hari Minggu dengan warna merah. Seiring berjalannya waktu mereka jadi punya kebiasaan untuk menandai hari penting lainnya dengan warna merah.

Nah, karena waktu itu Romawi menguasai banyak negara di Eropa seperti Belanda, Jerman, Inggris, Prancis, dan lain-lain, akhirnya tradisi libur mereka di hari Minggu diterapkan juga di negara jajahannya tersebut. Kemudian, kayak yang kita tahu, Belanda pernah menjajah Indonesia selama 3,5 abad. Nah, dari situlah akhirnya Belanda juga menerapkan tradisi libur di hari Minggu di Indonesia. Hingga sekarang, tradisi libur di hari Minggu masih tetap diberlakukan di Indonesia. Dengan alasan, orang-orang sudah bekerja keras selama enam hari, sehingga mereka membutuhkan waktu untuk rehat alias berlibur.

Yup, Pemerintah Indonesia telah menetapkan hari Minggu sebagai hari libur Nasional. Dan dalam kalender yang berlaku di Indonesia, hari Minggu dan tanggal-tanggal penting lainnya juga ditandai dengan warna merah. Sampai sekarang, tradisi libur di hari Minggu tetap diberlakukan di banyak negara.
Sumber : Suaramerdeka

Seorang pelajar yang ingin berkreatifitas di dunia blogging dan yang selalu ingin membuat kreatifitas yang lebih baru.

2 komentar

salam, ternyata begitu ya sejarahnya hari minggu ditetapkan sebagai hari libur. terima kasih bro sudah berbagi infonya.

Widih Gan !! Keren Infonya !! ditunggu kombacknya

http://tcc-site.blogspot.com/

Catatan :
- Dilarang Menggunakan Link Aktif / Live Link
- Dilarang Promosi Iklan
- Dilarang Nyepam
- Untuk Menyisipkan Kode, Gunakan tag <i rel='code'> Taruh Kode Disini </i>
- Untuk Menyisipkan Kode Panjang, Gunakan tag <i rel='pre'> Taruh kode panjang disini </i>
- Untuk Menyisipkan Catatan, Gunakan <b rel='quote> Taruh Catatan disini </b>
- Untuk Menyisipkan Gambar, Gunakan <i rel="'image> URL Gambar </i>
- Untuk Menyisipkan Youtube, Gunakan <i rel='youtube'> URL Youtube </i>

Sebelum menyisipkan kode silahkan gunakan Tools Konversi Kode.
Caranya tinggal klik tombol "Konversi Kode" yang berada di Form Komentar.
EmoticonEmoticon